Minggu, Juli 26, 2009

Penyerahan Bantuan Kegiatan Ketahanan Pangan



“Ketahanan pangan tidak hanya pada desa mandiri pangan, namun juga harus mencapai pada tingkat rumah tangga”, demikian disampaikan oleh Wakil Bupati Purbalingga, Drs. Heru Sudjatmoko, Msi dalam acara Penyerahan Bantuan Kegiatan Ketahanan Pangan di Desa Karangcegak, Kec. Kutasari, Sabtu 25 Juli 2009. Selanjutnya disampaikan bahwa ketahanan pangan rumah tangga dapat dibangun melalui pemanfaatan pekarangan yang ada disekitar rumah dengan tanaman pangan, ternak kecil, ikan dan unggas. Dengan semakin sempitnya kepemilikan lahan, perlu dioptimalkan pemanfaatan pelarangan yang disamping sebagai pendapatan keluarga, juga untuk mencukupi kebutuhan gizi anggota keluarga. Ketahanan pangan rumah tangga akan mendukung ketahanan pangan wilayah, mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten sampai tingkat nasional. Pada acara tersebut secara simbolis Wakil Bupati Purbalingga menyerahkan bantuan dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, yaitu :
a. Kegiatan Desa Mandiri Pangan kepada Kelompok afinitas Desa Karangcegak dan Nangkasawit, senilai Rp. 114.500.000,-
- Pembuatan Gapura Desa
- Pembuatan kandang kambing komunal
- Pembuatan kolam ikan
- Bantuan bibit ikan
- Bantuan bibit kelinci
- Bantuan alat pembuatan kompos
- Bantuan intensifikasi pekarangan model vertikultur
b. Kegiatan Diversifikasi Pangan kepada masyarakat yang mengkonsumsi pangan pokok non beras (jagung), yaitu ke Kelompok Karya Raharja Lestari Dusun Gunungmalang, Desa Serang, Kec. Karangreja berupa 2 unit alat & mesin penepung jagung, senilai Rp. 11.000.000,-.
c. Kegiatan budidaya sayuran organik pada Kelompok Tani Desa Serang, kec. Karangreja berupa paranet untuk green house, senilai Rp. 4.900.000,-
d. Kegiatan pengolahan pangan pada kelompok wanita Mekar Jaya Desa Kedungjati, Kec. Bukateja berupa 1 unit alat & mesin penepung jagung, sealer, kompor gas, peralatan memasak dll senilai Rp. 8.000.000,-
Hadir pada acara tersebut Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kab. Purbalingga, Camat Kutasari, Kepala Desa se-Kecamatan Kutasari, Ketua Gapoktan se-Kecamatan Kutasari, para ketua kelompok penerima bantuan. Sebelumnya Aceng Sukarya, sebagai koordiantor Kelompok afinitas Desa Mandiri Pangan menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Desa Mandiri Pangan di Desa Karangcegak, Kec. Kutasari dan Nangkasawit, Kec. Kejobong yang pada tahun ini berada ada tahap kemandirian mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama bagi warga miskin anggota kelompok afinitas. Sementara itu, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kab. Purbalingga Ir. Zainal Abidin, MM menekankan bahwa ketahanan pangan dapat terwujud apabila ketersediaan pangan harus didukung oleh peningkatan pendapatan petani, sehingga petani bergairah memproduksi pangan dan memperoleh keuntungan yang memadai. Harga pangan terutama beras yang relative rendah, pada sisi lain juga mengurangi pendapatan petani sebagai produsen bahan pangan. Ir. Zainal Abidin, MM juga melaporkan pelaksanaan kegiatan desa mandiri pangan di Kabupaten Purbalingga yang dilaksanakan di Desa Karangcegak, Kec. Kutasari, Desa Nangkasawit, Kec. Kejobong, Desa Tetel, Kec. Pengadegan dan Desa Metenggeng, Kec. Bojongsari. Diharapkan nantinya semua desa di Kabupaten Purbalingga menjadi desa yang mempunyai kemandirian pangan.

Tidak ada komentar: